Catering Surabaya Timur – Hub. 0817.4778.544

CATERING SURABAYA TIMUR

LEZAT CATERING – WA/ TELP 0817.4778.544 Adalah Jasa Catering Online Yang Bisa Melayani CATERING SURABAYA TIMUR. Kami Mengutamakan Kepuasan Pelanggan. Jangan Ragu Silahkan Hubungi Sekarang – 0817.4778.544 Untuk Mendapatkan HARGA TERBAIK.

Kami Berkomitmen Untuk Memberi Solusi Bagi Anda Yang Membutuhkan Konsumsi Berupa Nasi Kotak, Nasi Tumpeng, Nasi Bungkus, Mini Prasmanan, Snack Box Ataupun Kue Basah. Anda Tidak Perlu Repot- Repot Bikin, Anda Order Kami Layani, Makanan Dan Kue Yang Kami Sajikan Higienis, Halal, Enak Dan Pastinya Murah.

Untuk Mengetahui INFO Daftar Harga  Menu Silahkan Klik :

Atau Kami Bisa MENYESUAIKAN DENGAN BUDGET Yang Anda Miliki Akan Kami Sesuaikan Dengan Lauk Dan Sayurnya. RASA LEZAT HARGA BERSAHABAT.

UNTUK MENU CATERING LAIN SILAHKAN KLIK :

<<<< KLIK DISINI >>>>

Informasi Pemesanan Silahkan Hubungi :

Customer Service

TELP/ WA 0817.4778.544

Saya kembali lagi untuk memberikan informasi terhangat kepada kalian semua mengenai pengolahan makanan indonesia yang mana kita tahu bahwasannya makanan indonesia itu sangat beraneka ragam.

Mulai dari sabang sampe merauke pasti mempunyai makanan-makanan khas daerah tersendiri. untuk itu kita semua wajib mengetahui kalau makanan tanah air tercinta itu memiliki kekayaan yang tak terhitung adanya. Berikut adalah beberapa tips dari saya mengenai pengolahan makanan Indonesia :

  1. Pengertian Makanan Indonesia

Makanan Indonesia adalah susunan makanan yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, sambal, sedap-sedapan, dan minuman. Berdasarkan waktu penyajiannya, makanan Indonesia dibagi menjadi 3, yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam. Ciri khas makanan Indonesia adalah menggunakan aneka jenis bumbu dan rempah serta disajikan bersama dengan sambal dan kerupuk sebagai pelengkap.

  1. Klasifikasi makanan Indonesia

Makanan Indonesia memiliki susunan menu yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, sambal, sedap sedapan, dan minuman. Pada prinsipnya makanan Indonesia dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  1. Hidangan pokok (nasi dan penggantinya)

Makanan pokok adalah jenis yang merupakan makanan utama yang biasa dihidangkan dalam jumlah banyak. Makanan pokok pada masakan Indonesia adalah nasi. Disamping itu dikenal pula bahan makanan pokok yang lain, yaitu diantaranya singkong, ubi, jagung, pisang, dan sagu. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan tersendiri atau dicampur dengan bahan lain.

  1. Hidangan lauk pauk

Lauk-pauk adalah suatu hidangan yang merupakan pelengkap nasi yang dapat berasal dari bahan hewani dan produknya, tumbuh-tumbuhan, atau kombinasi bahan hewan dan tumbuhan yang biasanya dimasak dengan bumbu tertentu. Teknik pengolahan lauk pauk diantaranya dengan cara digoreng, dikukus, dibakar, kombinasi dari beberapa teknik dan dengan teknik ganda. Teknik penyajian lauk pauk dapat dengan per porsi atau secara prasmanan. Bahan makanan sumber protein hewani yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia adalah telur, daging, unggas, ikan, hasil laut dan lain- lain. Sedangkan bahan makanan nabati yang banyak digunakan dalam lauk pauk Indonesia yaitu tempe, tahu, oncom dan kacang-kacangan.

  1. Hidangan sayur. Sayur adalah suatu hidangan berkuah yang merupakan kelengkapan nasi yang dapat dimakan dengan atau tanpa nasi. Sayur biasanya berisi kuah dan bahan pokok sayuran atau dapat pula ditambahkan dengan bahan lain seperti  bahan  hewani  atau  tumbuh-tumbuhan  seperti  produknya (makaroni, soun). Bahan yang digunakkan dalam masakan sayur dapat berupa air, kaldu, atau santan. Bumbu yang digunakan bisa bervariasi tergantung rasa yang diinginkan, karena bumbu yang digunakan tiap daerah berbeda-beda.

Hidangan sayur dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

1) Sayur berkuah banyak Sayur ini merupakan golongan sayur yag menggunakan kuah atau bahan cair yang banyak. Bahan cair yang digunakan berupa air, kaldu, santan atau perpaduan dari ketiganya. Sayur yang berkuah banyak contohnya sayur asem, sayur lodeh, sayur bening, sayur sop, soto dan lain-lain.

2) Sayur berkuah sedikit (tumis) Sayur yang ditumis adalah sayur yang bumbunya ditumis dahulu dengan minyak dan menggunakan sedikit kuah. Contoh masakan sayur yang ditumis antara lain oseng-oseng, tumis kangkung, orak-arik, cap-cay dan lain-lain.

3) Sayur tanpa kuah Sayur tanpa kuah adalah jenis sayur yang dihidangkan tanpa atau dengan melalui proses pengolahan. Sayuran ini bisa disajikan dalam keadaan mentah bersama sambal atau bumbu sehingga manambah rasa dari sayuran tersebut. Sambal yang digunakan dapat berupa bumbu kelapa, bumbu kacang atau bumbu cabe. Contoh sayur mentah antara lain terancam, urapan, gado-gado dan lain-lain.

  1. Sambal adalah hidangan yang tidak berdiri sendiri, tetapi harus dimakan dengan bahan lain, terutama lalap. Sambal juga dapat digunakan sebagai penambah rasa dan melengkapi hidangan lain. Sambal dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu sambal mentah dan matang. Sambal mentah contohnya sambal bawang, terasi, dan colo-colo, sedangkan sambal matang contohnya sambal tomat, sambal teri dan sambal kacang. Ada beberapa variasi sambal contohnya, antara lain :

1) Sambal Asam, sambal ini mirip sambal terasi dan mengandung asam, biasanya asam jawa. 2) Sambal Bajak, cabai untuk sambal ini digoreng dengan minyak, ditambak dengan bawang putih, terasi dan bumbu-bumbu lainnya.

3) Sambal Balado, berasal dari Minangkabau. Cabai untuk sambal ini digoreng dengan minyak, bawang putih, bawang merah atau bawang  bombay, tomat, garam dan jeruk nipis.

4) Sambal Balacan, sambal ini mengandung balacan atau udang yang dilumatkan. Sambal ini juga dapat digabung dengan bahan lain seperti kangkung untuk menghasilkan sambal kangkung, cumi-cumi untuk menghasilkan sambal sotong, dan dengan telur untuk menghasilkan sambal telur.

5) Sambal Kemiri, sambal ini mengandung kemiri.

6) Sambal Pencit, sambal ini dicampur dengan irisan buah mangga muda (bahasa jawa : Pencit)

7) Sambal Tomat, sambal ini dicampur dengan tomat, baik yang diiris kecil-kecil atau dilumatkan.

8) Sambal Trassi atau sambal terasi, sambal yang mengandung terasi, yang adalah udang yang dilumatkan. Juga mengandung cabai merah dan hijau, tersasi, gula, garam dan jeruk nipis.

9) Sambal udang, cabai digoreng dengan minyak, bawang putih dan udang.

  1. Sedap-sedapan

Sedap-sedapan atau kudapan adalah makanan kecil yang biasa dihidangkan bersama minuman, baik untuk keperluan sehari-hari maupun untuk  kesempatan  khusus.  Sedap-sedapan  Indonesia  dapat diklasifikasikan menurut bentuk, rasa, bahan, dan teknik olah.

Advertisements